Spot » Gym
Short URL:
ISMC Pusat Rehabilitasi Cedera Olahraga
ISMC Pusat Rehabilitasi Cedera Olahraga
Wed, 02 May 2012 | 23:10
Teks : Ridwan Arief F
Dibaca : 18.370 kali
*
Embed code : Kaskus Embed Download

SPORTKU.COM - ISMC: pusat rehabilitasi cedera olahraga. Moto ISMC [Indonesia Sports Medicine Centre] dalam memberikan rehabilitasi pada atlit adalah fitter, faster and stronger. ISMC mempunyai visi agar atlit yang diberikan rehabilitasi bisa mempunyai performance lebih baik dibandingkan dengan kondisi sebelum cidera.

"Ketika seorang atlit/individu yang mengalami cidera datang ke ISMC, maka ISMC akan memberikan exercise therapy atau program latihan rehabilitasi yang akan membuat pasien tidak hanya bisa jalan kembali, bahkan bisa berlari lebih kencang, melompat lebih tinggi dan memiliki kebugaran lebih baik pra mengalami cidera," tanggap Dokter Andi Kurniawan, selaku Managing Director ISMC.

Salah satu kelebihan yang dimiliki klinik ISMC adalah mempunyai personal trainer [PT] yang certified dan terlatih. PT dari ISMC akan memberikan pengarahan, menemani, memonitor, dan mengevaluasi kondisi costumer dalam program latihan.

Selain itu, benefit / diferensiasi dari ISMC dibanding dengan klinik physiotherapy / rumah sakit lainnya adalah ISMC tidak hanya menggunakan modalitas therapy atau menggunakan alat therapy saja untuk proses penyembuhan cideranya. ISMC juga memberikan exercise therapy, dimana ISMC akan memberikan latihan / physical therapy kepada atlit yang cidera untuk menguatkan otot-otot, sendi-sendi atau ligamen yang cidera sehingga kembali berfungsi seperti semula. Diharapkan sang atlit bisa bertanding kembali dan bermain lebih bagus lagi.

Durasi program rehabilitasi cedera itu berbeda-beda, tergantung dari kasus cidera sang atlit. “Kalau kasus cidera yang memerlukan operasi, misalkan cidera robek ligamen, maka proses rehabilitasi bisa berbulan-bulan. Lebih spesifik lagi misalnya cedera ACL yang memerlukan operasi, membutuhkan waktu rehabilitasi lima sampai tujuh bulan,” ucap Dokter Andi.

Menurut pengakuan Dokter Andi, tidak ada cidera yang tidak bisa ditangani oleh ISMC. “Cidera olahraga memang ada dua kemungkinan, yaitu cidera yang memerlukan surgery/operasi [perlu tindakan] atau cidera yang tidak memerlukan tindakan. Cidera yang memerlukan tindakan tidak cukup selesai sampai operasi saja. Proses rehabilitasi pasca surgery juga penting untuk mengembalikan performa atlit agar lebih baik dari sebelumnya,” ujar Dr Andi.

ISMC sendiri hanya merupakan pusat latihan jasmani atau pusat kedokteran olahraga. "ISMC tidak mempunyai ruang operasi. Jadi apabila ada customer yang datang ke kita dan membutuhkan operasi, kita akan merekomendasikannya ke rumah sakit atau beberapa ortopedi yg sudah merupakan rekanan dari ISMC. Setelah mereka selesai menjalani operasi, ISMC akan memberikan program latihan/exercise dan rehabilitasi pasca operasi yang sesuai dengan kondisi pasien," jelas Dr Andi Kurniawan.

Basketball Babes
Bikini Basketball