Preview Championship Series NBL Indonesia Season 2011-2012
Preview Championship Series NBL Indonesia Season 2011-2012
Tue, 10 Apr 2012 | 00:04
Teks : Neilson Gautama
Dibaca : 30.346 kali

SPORTKU.COM - Preview Championship Series NBL Indonesia Season 2011-2012. Berikut adalah bagan pertandingan babak Championship Series yang akan dilangsungkan di GOR Among Raga Jogjakarta pada tanggal 21-29 April 2012:

1 Satria Muda   Aspac 2
8 Bimasakti Malang   Stadium 7
           
4 Garuda Bandung   Pelita Jaya 3
5 CLS     Muba Hangtuah 6

Lihat hasil seluruh pertandingan dan KLASEMEN AKHIR Regular Season Flexi NBL Indonesia 2011-2012 di sini. Lapangan tempat dilangsungkannya Championship Series NBL Indonesia 2012 berubah total. Pihak PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia selaku penyelenggara NBL Indonesia membuat gebrakan.

Mereka memilih mendatangkan lapangan milik PP Perbasi dari Jakarta. Tidak main-main, lapangan ini merupakan standar FIBA level pertama alias masuk kategori terbaik. Dua kontainer mengangkut lapangan dari Jakarta ke Jogjakarta yang memakan waktu lebih dari delapan jam. Kendaraan berat itu dilengkapi penyejuk udara dengan suhu khusus agar lapangan tidak rusak.

Ratusan rupiah juta dikeluarkan PT DBL Indonesia hanya untuk membuat lapangan itu bisa digunakan di championship series. Untuk memasang dan men-set-up lapangan saja, 30 pekerja dilibatkan.

Selain lapangan, penyelenggara menyediakan layar LED empat sisi besar yang digantung di tengah arena. Giant screen tersebut terbagi dalam dua level. Level pertama yang diletakkan paling atas berukuran 3 x 4 meter. Sedangkan yang kedua berukuran 1 x 3 meter.

Dell Aspac Jakarta [peringkat dua] akan menghadapi tim peringkat ketujuh Stadium Jakarta. Satria Muda [SM] yang menempati posisi pertama di regular season NBL Indonesia 2011-2012 akan melawan peringkat ke delapan di standing regular season yaitu Bimasakti Malang.Pada pertemuan terakhir SM dan Bimasakti di seri enam Jakarta regular season NBL Indonesia 2011-2012, SM berhasil mengungguli lawannya dengan mudah.

Satria Muda mungkin akan merasa confident apabila bertemu Aspac di Final NBL Indonesia 2011-2012, mengingat mereka punya rekor sempurna 3-0 ketika berhadapan Aspac di regular season NBL Indonesia 2011-2012. Namun melawan PJ dan CLS Knights Good Day, SM masing-masing kalah head to head 1-2.

Walaupun unggul dari segi head-to-head atas lima tim besar di standing regular season NBL 2011-2012, Pelita Jaya [PJ] harus bertemu dengan matchup yang tidak mereka sukai di ronde pertama Championship Series 2012, yaitu Muba Hangtuah Indonesia Muda Sumsel [PJ kalah head to head 1-2 oleh Muba].

CLS juga bertemu dengan unfavorable matchup di ronde pertama Championship Series 2012 melawan Garuda Bandung. CLS selalu kalah dalam tiga pertemuan melawan Garuda di regular season NBL Indonesia 2011-2012.

Berikut head to head rekor pertemuan kedua tim di regular season NBL Indonesia 2011-2012

  • (A)  Pelita Jaya Esia Jakarta X Muba Hangtuah IM Sumsel 1-2
  • (B) Dell Aspac Jakarta X Stadium Jakarta 3-0
  • (C) Satria Muda Britama Jakarta X Bimasakti Nikko Steel Malang 3-0
  • (D) Garuda Speedy Bandung X CLS Knights Good Day Surabaya 3-0

Sistem kompetisi yang dianut pada Championship Series 2012 sendiri cukup unik, dimana tim harus kalah dua kali dulu sebelum mencapai babak final sebelum dinyatakan gugur atau disebut dengan sistem double elimination. Sebuah tim setidaknya akan bermain minimal tiga kali dan maksimum lima kali sebelum mencapai final. Contoh:

  • Satria Muda [1] menang atas Bimasakti [8], Garuda Bandung [4] menang atas CLS [5].
  • Di babak berikutnya Satria Muda [1] akan bertemu dengan pemenang dari pertandingan peringkat 4 dan 5, yaitu Garuda [4]. Kita berandai semisal Satria Muda [1] menang atas Garuda [4]
  • Sementara Bimasakti [8] dan CLS [5] belum dinyatakan gugur dari kompetisi, dan mereka akan bertarung sekali lagi. Seandainya Bimasakti/CLS kalah, karena salah satu dari kedua tim tersebut sudah kalah dua kali, maka mereka baru dinyatakan gugur dari kompetisi. Kita berandai semisal CLS [5] menang atas Bimasakti [8]
  • Garuda [4] yang kalah dari Satria Muda, belum dinyatakan gugur karena belum kalah dua kali. Garuda [4] akan bertemu lagi dengan CLS [5] yang menang atas Bimasakti. Kita berandai semisal CLS [5] menang atas Garuda [4].
  • Garuda yang kalah dari CLS, dinyatakan gugur karena sudah kalah dua kali atas SM dan CLS. CLS [5] akan bertemu dengan SM [1]. Apabila CLS [5] berhasil mengalahkan SM [1], maka mereka akan bertanding satu kali lagi karena SM belum kalah dua kali. Seandainya CLS [5] berhasil mengalahkan SM satu kali lagi, baru mereka melaju ke babak final.
  • Hal yang serupa dengan aturan di atas diaplikasikan pada bagan pertandingan 2-7 dan 3-6.
  • Di babak final barulah kedua tim bertemu satu kali saja. Siapa yang menang, itulah juaranya.

basket, indonesia, basket indonesia, sportku, Preview, championship, Series, NBL, Season, 2011, 2012

Lihat skor dan schedule championship Series di sini.

Basketball Babes
Bikini Basketball