Satria Muda Menjadi Juara Regular Season NBL Indonesia 2011-2012 Ketika Mengalahkan Muba Hangtuah
Satria Muda Menjadi Juara Regular Season NBL Indonesia 2011-2012 Ketika Mengalahkan Muba Hangtuah
Fri, 06 Apr 2012 | 00:04
Teks : Neilson Gautama
Dibaca : 144.983 kali
*
Embed code : Kaskus Embed Download

SPORTKU.COM - NBL Indonesia 2011-2012 seri enam Jakarta: Muba Hangtuah VS Satria Muda. Satria Muda dipastikan menjadi juara regular season NBL Indonesia 2011-2012, ketika berhasil mengalahkan Muba Hangtuah di seri NBL keenam Jakarta, Kamis 5 April yang lalu dengan skor 69-67.

Gelar SM tersebut didapat setelah pesaing terdekatnya, Dell Aspac Jakarta, menyerah dari Pelita Jaya Esia Jakarta, dengan skor 44-66, pada NBL Indonesia seri Jakarta di Hall Basket, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (5/4). SM berhasil mengambil alih gelar juara regular season NBL dari tangan Pelita Jaya Esia, di NBL musim kedua ini.

Namun kemenangan SM yang hanya berselisih dua points tersebut, diraih dengan susah payah dan sedikit kemujuran. Well, mungkin kemujuran mungkin berperan lebih besar dari apa yang anda bayangkan. Mari kita lihat sama-sama kronologis kemenangan SM pada pertandingan ini.

Starter tim Satria Muda (SM) menjadi perbedaan di kuarter pertama. Mereka berhasil membuat SM unggul dengan skor 13-3 saat waktu tersisa 5:47 di kuarter pertama. Bench kedua tim bermain sama kuat di sisa lima menit kuarter pertama. Skor akhir di kuarter pertama adalah 21-13 untuk keunggulan SM.

Zone defense Muba Hangtuah [MH] tetap dimainkan sampai kuarter kedua dan taktik tersebut malah semakin menjauhkan skor menjadi 32-17 untuk keunggulan SM di sisa 7:25 Q2 (1x three points dari Wisnu dan 3x dari Michel). Skor adalah 40-28 untuk keunggulan SM di akhir Q2.

Dodo malah terkena foul trouble saat SM leading dengan skor 48-41 di sisa 1:30 Q3. MH are doing everything they can to create situation on offense dengan menggunakan pemain perimeter mereka seperti Robert Yunarto #10, Junaidi #32, dan Agustinus Sigar #8. Biasanya strategi pick and roll dan guard Muba membuat mereka bisa mengumpan kepada big man-big man mereka. SM unggul tipis 46-50 di akhir Q3.

Skor akhirnya mendekat 60-58 untuk keunggulan SM di sisa 4:08 Q4. Pelatih SM memasukkan Arki Wisnu ke pertandingan. Di sisa 3:30 kuarter keempat, pemain kunci SM lagi-lagi terkena foul trouble karena memfoul pemain Muba, skor 60-60.

Agustinus berhasil memasukkan three points dan membawa Muba Hangtuah unggul dengan skor 63-60. Pada momen ini, Dodo yang terkena foul trouble dimasukkan kembali untuk meningkatkan pertahanan. Bona dan Welly bermain keras dan menambah points untuk SM, mereka kembali unggul dengan skor 65-63. Arki kembali masuk dengan sisa waktu 2:08 di kuarter empat.

PG Muba, Robert #10, menyamakan kedudukan dengan layup manis, skor 65-65 di sisa 1:08 pertandingan. Welly yang mendapatkan dua free throw,dan berhasil memasukkan satu: skor 66-65 untuk keunggulan SM.

Agustinus Sigar #8 yang bermain luar biasa dari perimeter dengan tembakan jarak jauhnya sepanjang pertandingan [8-16 FG, 5-8 3FG, 21 points, 3 rebs, 3 steals, dan 2 blocks] ditriple team oleh Satria Muda saat mendapatkan kesempatan untuk mencetak angka. Namun Sigar dengan cepat menemukan Ary Sapto dari MH yang berdiri bebas tanpa penjagaan di bawah ring.

Mungkin 1000 penonton yang hadir di hall A tersebut pasti menyangka Muba akan mengambil keunggulan dengan mudah. Well, anda tinggal memasukkan bola dari bawah ring dengan posisi dari sisi tangan favorit anda [sebelah kanan], dan tidak ada yang menjaga anda. You know what? Ary missed the under basket! Bola bahkan tidak menyentuh ring sama sekali!

SM kembali mendapat possesion di sisa 37 detik pertandingan. Faisal [top skor di tim SM dengan 16 points] melakukan layup. Bola masuk dan Faisal difoul lawan. Faisal berhasil memasukkan satu free throw dan membawa SM unggul 68-65 saat pertandingan tersisa 17 detik saja.

Lineup SM at crunch time: Faisal,Bona, Michel, Dodo, Wisnu. Lineup Muba at crunch time: Agustinus #8, Joni #20, Prasetyo #14, Sapto #1, Robert #10.

Bola sampai ke tangan Agustinus, dan ia mendapatkan clean look untuk melakukan three point. Namun sayang lemparannya gagal masuk. Tiba-tiba Ary Sapto, yang gagal memasukkan under basket pada kesempatan sebelumnya, berhasil mendapatkan rebound, menambah dua points and one! Skor 68-67 untuk keunggulan SM, dengan sisa waktu tiga detik saja. Wisnu fouled out karena memfoul Sapto.

Free throw Sapto merupakan contoh klasik do or die situation. Ia memiliki kesempatan untuk membayar kesalahannya sebelumnya. Apabila pertandingan melaju ke babak overtime, Muba memiliki kesempatan mengingat Wisnu sudah fouled out, Dodo terkena foul trouble, dan Agustinus sedang bermain bagus sepanjang pertandingan.

This is supposed to be a feel good story untuk Ary Sapto. A chance for redemption after the stupid miss before...But again, he missed the free throw.! Man.. I feel sorry for him...Statistik final Ary Sapto: 4-15 FG, 0-3 FT, 5TO, 8 pts, 5 assists 10 rebounds. I'm sure he will get a chance to reedem himself, if he ever gets one.

SM got the rebound, Faisal got fouled, dan berhasil memasukkan one free throw dari dua attempts/percobaan. Waktu yang tersisa tidak cukup bagi Muba utk mencetak angka. Skor akhir adalah 69-67 untuk kemenangan SM.

basket, indonesia, basket indonesia, sportku, NBL, 2011, 2012, Seri, enam, jakarta, Muba, Hangtuah, Satria, Muda, Britama

Kemenangan ini membuat tim asuhan Octaviarro Tamtelahu itu bertengger di puncak klasemen NBL Indonesia dengan 58 poin dari 27 kemenangan dan empat kali kekalahan. Selain itu, SM Britama yang unggul head-to-head dari Aspac tetap berada di puncak meski menelan kekalahan pada dua laga berikutnya. SM Britama akan menghadapi Pelita Jaya Esia Jakarta, Sabtu (7/4), dan Bimasakti Nikko Steel Malang, Ahad (8/4).

Ocky, dengan sapaan akrab Octaviarro tersebut, mengatakan target timnya bukan sekedar juara musim reguler, melainkan menjadi kampiun di akhir musim. Karena itu, timnya tidak boleh kalah pada dua laga tersisa, termasuk melawan Bimasakti. "Dua game terakhir, kami harus waspada. Kami harus menang di setiap game," kata Ocky seusai pertandingan.

Menurut Ocky, timnya perlu menyapu bersih semua duel di seri Jakarta sebagai pemanasan menghadapi Champions Series di Yogyakarta, dua pekan mendatang. "Ini pemanasan yang bagus untuk Championship Series," kata dia.

Well, sometimes championship team gets lucky. SM gets lucky in this match karena tidak perlu susah payah meraih kemenangan melawan PJ ato Bimasakti di dua laga berikutnya. Instead, mereka bisa mengatur menit bermain dan melakukan uji coba strategi dan lineup terhadap calon lawannya di Championship series nanti. Selamat untuk Satria Muda Britama atas gelar juara regular season NBL Indonesia 2011-2012.

Basketball Babes
Bikini Basketball