Komunitas » NBA
Short URL:
Kedatangan Mantan Pemain NBA Rick Mahorn dan WNBA Edna Campbell di Indonesia
Kedatangan Rick Mahorn dan Edna Campbell di Indonesia
Thu, 21 Jun 2012 | 04:55
Teks : Neilson Gautama
Dibaca : 25.027 kali
*
Embed code : Kaskus Embed Download

SPORTKU.COM - Kedatangan mantan pemain NBA Rick Mahorn dan WNBA Edna Campbell di Indonesia. Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia bekerja sama dengan Mahaka Sports mendatangkan dua pemain legenda bola basket National Basketball Association (NBA) di Jakarta.

Rick Mahorn adalah mantan pemain NBA yang sudah bermain selama 19 musim. Sedangkan Edna Campbell adalah pebasket putri AS yang tergabung dalam Women's National Basketball Association (WNBA).

Kedua legenda bola basket AS tersebut hadir dalam kegiatan Education for All dan menggelar coaching clinic bagi pemain basket cilik di Britama Arena, Mahaka Square, Rabu (2/5). Mereka dibantu oleh official NBA, Becky Bonner, dan Wakil Atas Kebudayaan Kedubes AS, Arend Zwaetjes. Kedua legenda bola basket AS tersebut memberikan teknik cara bermain bola basket yang benar dan tepat terhadap para pebasket cilik itu.

Legenda basketball Amerika (WNBA), Edna Campbell pun mengunjungi Pondok Pesantren Ash Shiddiqiyah di Tangerang, Kamis (3/5). Sekitar satu jam, Campbell memberikan pelatihan singkat kepada santri dan santriwati Ponpes Ash Shiddiqiyah cara bermain basket.

"Senang sekali bisa mengajar di Pondok Pesantren, para siswa sangat antusias," ujarnya kepada media saat konferensi pers usai memberikan pelatihan.

Para siswa diberikan pelajaran teknik awal bermain basket, yakni bagaimana mendribel bola, keseimbangan posisi badan, dan berlari membawa bola. Dalam Coaching Clinic itu, Campbell dibantu official NBA, Becky Boner.

Pebasket kulit hitam dengan tinggi badan 1,7 meter ini mengatakan, ini merupakan pengalaman pertamanya memberikan pelatihan basket di pondok pesantren. Respon para siswa sangat bersemangat dan mereka terlihat terhibur. Campbell juga mengatakan, ini kali pertamanya dia mengunjungi Indonesia. "It was great to see Indonesia, the people really nice (sangat menyenangkan bisa mengunjungi Indonesia, masyarakatnya sangat baik)," katanya.

Mantan atlet yang dinobatkan sebagai Duta Olahraga Basket Amerika ini sangat terkesan dengan kegigihan para siswa mempelajari teknik olahraga basket. Campbell menyebut, setiap anak mempunyai potensi dalam basket, namun potensi itu bisa berkembang bila diasah dan terus berlatih.

Salah satu pemilik saham Philadelphia 76ers, Erick Thohir, yakin kerja sama ini dapat meningkatkan hubungan dua negara melalui bidang olahraga. "Kedua pemain basket hebat ini bisa belajar keunikan masyarakat Indonesia dengan datang ke sini berbagi ilmu basket," kata Direktur Utama Republika Media Mandiri itu, Rabu (2/5).

Erick menegaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempopulerkan olahraga basket di kalangan anak muda Indonesia. Mereka diharapkan berani bermimpi dan berusaha keras meraih mimpi untuk menjadi olahragawan kelas dunia. "Melalui program kerja sama dua negara ini, para legenda basket Amerika ini dapat berbagi pentingnya pendidikan bagi atlet," kata Erick.

Rick Mahorn sendiri berterima kasih telah diundang ke Indonesia, sehingga dapat mengenalkan olahraga ini kepada pecinta basket di Jakarta. Ia mengatakan, bola basket adalah salah satu olahraga universal yang bisa diterima di seluruh dunia. Karena itu, adanya program ini diharapkan mampu meningkatkan kerja sama kedua negara. "Dari bola basket, semoga hubungan AS dan Indonesia dapat meningkat," ujar Mahorn.

Untuk diketahui, Mahorn kini berusia 53 tahun memiliki tinggi badan 2,02 meter. Selama berkarier di NBA, dia pernah membela Washington Wizards, Detroit Pistons, Philadelphia 76ers, dan New Jersey Nets. Mahorn memulai karier menjadi pebasket di Hampton University pada tahun 1980, dan pensiun di tahun 1999 sebagai pemain Philadelphia. Rick juga pernah menjadi pelatih Detroit Shock.

RICK MAHORN
Lahir: 21 September 1958
Karir di NBA: 1980-1999
Tim: Washington Bullets, Detroit Pistons, Philadelphia 76ers, New Jersey Nets
Prestasi: Juara NBA 1989 bersama Detroit Pistons.

Mahorn, kini 53 tahun, punya karir panjang di NBA. Selama 19 tahun dia malang melintang bersama Washington Bullets, Detroit Pistons, Philadelphia 76ers, dan New Jersey Nets. Dia juga pernah menjadi pelatih kepala di WNBA, bersama klub Detroit Shock. Pada 1989, Mahorn merasakan puncak prestasi, meraih cincin juara NBA bersama Pistons.

EDNA CAMPBELL
Lahir: 26 November 1968
Karir di WNBA: 1999-2005
Tim: Phoenix Mercury, Seattle Storm, Sacramento Monarch, San Antonio Silver Stars
Prestasi: 2003 WNBA Sportsmanship Award

Campbell, 43, berkiprah di WNBA antara 1999 hingga 2005, bermain untuk Phoenix Mercury, Seattle Storm, Sacramento Monarch, dan San Antonio Silver Stars. Dia meraih popularitas luar biasa karena pencapaian yang berbeda. Didiagnosa mengidap kanker payudara, Campbell tetap memberikan segalanya di lapangan. Oleh WNBA, dia pun dijadikan simbol dan juru bicara perjuangan melawan kanker.

Basketball Babes
Bikini Basketball