Komunitas » Basket Umum
Short URL:
Kompetisi FIBA 3X3 Basketball Battle Indonesia
Kompetisi FIBA 3X3 Basketball Battle Indonesia
Fri, 20 Jan 2012 | 00:00
Teks :
Dibaca : 20.970 kali
*
Embed code : Kaskus Embed Download

SPORTKU.COM - Kompetisi FIBA 3X3 Basketball Battle Indonesia. SINDO TV bersama PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) di bawah naungan Federation International Basketball (FIBA) membuat sebuah ajang kompetisi bergengsi bertaraf internasional. 

FIBA 3X3 ini merupakan sebuah Basketball Battle percontohan untuk kawasan Asia, khususnya Indonesia. Hal ini merupakan awal dimulainya kompetisi 3X3 sebagai salah satu nomer cabang olahraga bola basket di dunia internasional.

PERBASI di bawah naungan FIBA sedang memburu bibit-bibit muda berbakat. Misi dari PERBASI sendiri adalah untuk mengangkat atlit muda profesional yang akan tergabung di dalam tim Nasional PERBASI 3X3. 

Rencananya PERBASI akan membawa Tim Indonesia guna menyambut Sea Games 2013 di Myanmar, serta Olympiade 2016 di Brazil. Dimana dalam event tersebut akan memperebutkan salah satu nomer baru dalam cabang olahraga bola basket yaitu 3X3. 

Ajang kompetisi ini mengutamakan kalangan mahasiswa dari berbagai fakultas di Indonesia. Namun untuk kali ini, PERBASI mencoba menggelar kompetisi tersebut di pulau Jawa. 

Laga bergengsi yang mengusung tema "From Street To Olympic," ini berangkat dari peraturan yang banyak berbeda dari peraturan pertandingan 5 on 5.  

Kompetisi tiga lawan tiga yang digelar PERBASI kali ini hanya terdiri dari dua kuarter, dimana tiap kuarter hanya berdurasi lima menit. Shot clock untuk tim yang melakukan penyerangan hanya diberikan 12 detik. Bagi tim yang bisa memperoleh 21 angka lebih dulu, maka tim tersebutlah yang akan menang. 

Arief Suditomo selaku Direktur Program dan Produksi SINDO TV mengaku ingin mempopulerkan lagi nomer baru dari cabang bola basket di Indonesia. "Event ini merupakan hasil kolaborasi dari berbagai pihak, dimana salah satunya adalah SINDO TV," ungkap Arief.  

Di sini Arief cs bertujuan ingin mempopulerkan 3on3 di Indonesia. Serta ingin menggiring Indonesia agar berpartisipasi dalam ajang 3on3 dalam skala internasional. Sekaligus membawa Indonesia sebagai kompetitor yang merasakan nomer baru dalam cabang bola basket pada Olimpiade mendatang. 

Kegiatan berantai terbukti sukses terselanggara di lima kota yaitu Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, dan Jakarta. Setelah melewati fase regional di lima kota, kota Jakarta terpilih sebagai medan klimaks dari event Grand Final 3X3 tepat pada tanggal 15 Januari 2012, Senayan - Jakarta Selatan. 

Semarak serta antusias dari tiap kota terlihat dari jumlah peserta yang memadati kompetisi. Dari lima kota yang menjadi target bidik setidaknya masing-masing kota terdapat 60 tim yang siap menjadi kompetitor 3X3. 

Melihat animo para pecinta basket yang begitu fanatik, Arief Suditomo berharap agar pagelaran ajang serupa tetap mampu menyedot peserta dari tiap kota bahkan lebih banyak lagi.  

Selain partisipasi dari peserta, keterlibatan dari berbagai media informasi, dukungan dari pihak sponsor, serta pihak-pihak lain yang bersedia terlibat juga bisa bertambah. 

Kemasan acara yang dihadirkan oleh elemen kepanitiaan juga dibuat dengan balutan entertainment. Berbagai mata acara yang menjadi penghias event antara lain: beberapa atraksi yang disediakan oleh para sponsor dan pihak panitia, serta suguhan beberapa aksi panggung berupa live music. 

"Kami akan mengirim para pemenang Grand final 3X3 ini ke Serbia untuk sama-sama bertemu dengan para kompetitor 3 on 3 tingkat dunia. Karena Indonesia juga merupakan salah satu negara yang ditugaskan FIBA untuk mempopulerkan 3 on 3 bola basket ini di ranah Asia," tukas Arief. 

Ulasan lengkap berupa news atau highlight 3 on 3 ini selalu up-date pada tayangan SINDO TV, RCTI, dan MNC Group lainnya. "Kami berharap agar gelaran event berikutnya akan kami bisa menayangkan secara utuh sebagai pertandingan yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Dan semoga juga kami bisa melibatkan beberapa chanel yang ada di group kami, agar dapat menayangkan serta mempopulerkan 3 on 3 ini. Tidak menutup kemungkinan juga terdapat tayangan secara live jika berbagai elemen memungkinkan hal tersebut," papar Arief. 

Berikut jadwal kompetisi yang resmi dikeluarkan oleh PERBASI - SINDO TV untuk event 3X3 sebagai berikut :  

Babak Penyisihan : 

1. Yogyakarta : 26 - 26 November 2011, bertempat di GOR Universitas Yogyakarta

2. Semarang : 02 - 03 Desember 2011, bertempat di GOR Knight Stadion

3. Surabaya : 09 - 10 Desember 2011, bertempat di GOR Kertajaya

4. Bandung : 20 -21 Desmsber 2011, bertemapt di GOR Padjajaran

5. Jakarta : 13- 14 Januari 2012, bertempat di Lapangan ABC - Senayan, Jakarta. 

Grand final : 

6. Jakarta : 15 Januari 2012, bertempat di Lapangan ABC - Senayan Jakarta

Basketball Babes
Bikini Basketball