Komunitas » Basket Nasional
Short URL:
Timnas Basket Muda Indonesia Menjalankan Tryout ke Filipina
Timnas Basket Muda Indonesia Tryout ke Filipina
Tue, 12 Jun 2012 | 16:03
Teks : Neilson Gautama
Dibaca : 8.083 kali

SPORTKU.COM -  Timnas basket muda Indonesia menjalankan tryout ke Filipina. Hampir sebulan sudah Tim Nasional (Timnas) Muda Indonesia menjalani pemusatan latihan di Surabaya. Mulai Jumat hari ini, 8 Juni, tim yang diproyeksikan mengikuti 7th SEABA U-18 Championship di Singapura itu melanjutkan program ke level selanjutnya. Mereka terbang ke Filipina, mengikuti rangkaian tryout hingga 17 Juni mendatang.

Azrul Ananda, CEO Timnas Muda dan direktur PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia, menyampaikan bahwa program ini menunjukkan keseriusan pihaknya dalam berkolaborasi bersama Pengurus Pusat Perbasi.

“Dalam sebulan terakhir, kami sudah berupaya meningkatkan standar pemusatan latihan basket Indonesia. Tapi tidak ada latihan yang lebih baik daripada uji coba di negeri orang. Khususnya dalam membangun chemistry. Karena itu kami memutuskan untuk mengirimkan tim ke Filipina,” ujar Azrul.

Selama di Filipina, Timnas Muda akan menjalani serangkaian program latihan dan uji coba melawan tim-tim SMA dan perguruan tinggi yang memiliki tradisi basket kuat. Bagaimana pun, lanjut Azrul, Filipina adalah satu satu kiblat basket di Asia, bersama Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan.

Nathaniel “Nath” Canson, pelatih kepala Timnas Muda, merasa latihan di Filipina akan sangat membantu tim naik ke level lebih tinggi lagi.  “Kami ingin menang dalam turnamen SEABA. Tim-tim di Filipina akan menjadi lawan berlatih yang bagus untuk anak-anak. Mereka akan menjalani banyak uji coba, sehingga mental bertanding anak-anak juga semakin terasah,” tutur Coach Nath, yang pada Flexi National Basketball League (NBL) Indonesia 2011-2012 dinobatkan sebagai Coach of the Year yang memandu Muba Hangtuah IM Sumatera Selatan.

Memang, di antara 12 orang pemain Timnas Muda yang terpilih mengikuti ajang SEABA, hanya beberapa yang punya pengalaman bertanding di luar negeri. Misalnya trio Juan Laurent Kokodiputra, Jan Misael Panagan, dan Laurentius Steven.

Timnas Muda akan berkiprah perdana di 7th SEABA U-18 Championship pada 26 hingga 30 Juni 2012 mendatang di Singapura. Jika Timnas Muda mampu menembus tiga besar, maka Indonesia akan melaju ke 22nd FIBA Asia U-18 Championship di Mongolia, Agustus mendatang.

Basketball Babes
Bikini Basketball