Komunitas » Basket Nasional
Short URL:
Peringkat Basket Indonesia dalam FIBA Asia
Peringkat Basket Indonesia dalam FIBA Asia
Tue, 13 Sep 2011 | 00:00
Teks :
Dibaca : 17.236 kali

SPORTKU.COM - Peringkat Basket Indonesia dalam FIBA Asia. Tim nasional basket putra Indonesia minggu ini tengah sibuk mempersiapkan diri mereka untuk mengikuti kejuaraan FIBA Asia yang akan dimulai 6 hari lagi yaitu tanggal 15 September 2011.

Mulai dari hari Senin 5 September 2011 kemarin, tim Nasional kembali berlatih rutin di Hall A Senayan mulai dari hari Senin sampai Jumat.

Setelah melakukan try-out ke Filipina bulan lalu, tim nasional merasa lebih siap untuk mengikuti kejuaraan FIBA Asia yang akan diikuti oleh negara-negara basket terbaik di Asia seperti China, Iran (juara bertahan), Korea, dan Qatar.

Dua negara finalis teratas dari kejuaraan ini akan otomatis bermain di kejuaraan Olimpiade 2012 di London.

Indonesia sendiri sudah 16 kali mengikuti kejuaraan FIBA Asia. Pada kejuaraan FIBA Asia terakhir tahun 2009, Indonesia menempati peringkat ke 15. Sejarah membuktikan bahwa Indonesia pernah menjadi peringkat ke-6 pada kejuaraan ini tahun 1960 dan 1967 (tahun 1960 adalah tahun pertama diadakannya kejuaraan FIBA di region Asia).

Dengan demikian, bukan tidak mungkin Indonesia bisa menembus peringkat 10 besar pada kejuaraan ini meski hal demikian cukup sulit untuk dilakukan.

Pada kejuaraan FIBA Asia 2011 ini, Indonesia berada di group C bersama Jepang, Jordania, dan Syria. Group ini cukup sulit mengingat Jepang, Jordan, dan Syria adalah negara yang memiliki olahraga bola basket jauh lebih maju dibandingkan Indonesia. Jordan merupakan juara ketiga FIBA Asia 2009 dan menempati peringkat 32 dunia. Jepang adalah peringkat 58 dunia dan Syria menempati posisi 58 dunia. Indonesia sendiri merupakan peringkat 63 dunia.

Pelatih Rastafari mengungkapkan bahwa group C ini akan sulit dilewati Indonesia bahkan untuk mencari posisi ketiga. "Ini akan sangat sulit, kita semua tau bahwa Jepang, Syria, dan Jordan akan sangat susah untuk dikalahkan", ujar pelatih Rastafari.

Jika Indonesia berada di posisi ketiga atau keempat di group C, mereka akan bermain sampai tanggal 19 dan 20 September guna memperebutkan posisi 13-16. Meski kita tidak bisa berharap banyak, kita harus tetap yakin bahwa Indonesia bisa menunjukan semangat juangnya guna meraih sekali kemenangan dari 3 pertandingan di group C mereka.

Basketball Babes
Bikini Basketball