Info & Tips » Tips & Trick
Short URL:
Latihan Basket di Air. Aqua Training Big Man Timnas Putra 2011
Latihan Basket di Air. Aqua Training Big Man Timnas Putra 2011
Thu, 15 Nov 2012 | 00:10
Teks :
Dibaca : 23.541 kali
*
Embed code : Kaskus Embed Download

SPORTKU.COM - Sebelum tim Sportku.com turun ke kolam renang dan meliput Aqua Training big man timnas putra 2011 [latihan basket di air], ada baiknya kami menceritakan dari mana ide liputan ini datang.

Yang menginspirasi kami adalah Andy Batam [salah satu pemain timnas], yang mengundang kami untuk datang ke kolam renang apartemen Sultan [dulunya hotel Hilton] di Jakarta Selatan hari Sabtu.

Coach Fari sebagai pelatih kepala memberikan izin, bahkan coach Ahang, yang memimpin sesi aqua training hari itu, mengajak kami untuk benar-benar menjalankan aqua training seperti layaknya pemain. Dengan senang hati kami tidak menolak ajakannya =)

Aqua training timnas basket putra 2011 dilakukan seminggu dua kali pada hari Rabu dan Sabtu di apartemen Sultan. Biasanya latihan dipimpin oleh asisten pelatih Johannis Winar.

Kolam yang digunakan memiliki kedalaman yang bervariasi. Terkadang latihan dilakukan di kolam yang cetek saja, sehingga hanya setengah badan pemain yang tercelup di kolam.

Ada juga latihan yang dimulai dari kolam yang dalam, sehingga mengharuskan pemain berenang/menyelam terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan berlatih di kolam yang lebih tidak dalam.

Aqua training para big man tim nasional basket putra tanggal 9 Juli 2011 diikuti oleh delapan peserta. Delapan peserta aqua training tersebut adalah adalah Rony Gunawan, Thoyib, Koming, Dodo, Welly, Yandi, Romy Chandra [Gepeng], dan Dwi.

Pada sesi latihan ini, timnas putra dibagi menjadi dua kelompok. Diantaranya, kelompok satu adalah big man dan kelompok dua adalah small man. Saat big man berlatih gym, tim small man bergantian melakukan aqua training dan sebaliknya.

"Latihan dipisah karena awalnya dari latihan gym. Di tempat latihan gym kami tidak bisa menampung semua pemain karena keterbatasan ruangan. Jadi masuknya bergantian deh, small man duluan, baru big man kemudian," ujar Koming. Pembagian kelompok ini juga didasari pada porsi beban yang akan diberikan kepada para pemain

"Kita memang tidak latihan di lapangan hari Sabtu, jadi kita latihan gym sama berenang," ujar Koming saat ditemui seusai latihan aqua training.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, para big man tersebut berlatih di gym terlebih dahulu sebelum aqua training. Baru setelah selesai berlatih beban di gym, para pemain melakukan pemanasan ringan terlebih dahulu di pinggir kolam, sambil membilas badan untuk membersihkan keringat di shower terdekat.

Suasana aqua training benar-benar seru karena dipimpin oleh coach Ahang yang sangat semangat memotivasi anak buahnya. Para big man timnas juga dengan fun menjalankan latihan di air tersebut, walaupun matahari bersinar terik.

Coach Ahang tidak membiarkan anak buahnya untuk bersantai-santai, karena memang ada beberapa porsi latihan yang mengharuskan mereka untuk berlatih full speed. Dalam latihan aqua training ini, timnas basket putra diberikan materi latihan seperti sliding, defense, jogging, dan sprint di dalam air.

Latihan-latihan ini sebenarnya sama persis dengan menu latihan yang diberikan di lapangan basket. "Kegiatan-kegiatan yang di lapangan juga kita bawa latihan disini, cuma otot-otot yang terlatih beda dengan kita latihan di lapangan," lanjut Koming.

Latihan sengaja dilakukan di dalam air agar fisik dan stamina pemain menjadi lebih kuat. "Lebih berat latihan di dalam air daripada di lapangan, karena kita lari seperti ada beban," sahut Dodo. Stamina pemain tampak terkuras habis seusai latihan, karena memang aqua training adalah latihan yang keras.

Fungsi aqua training sendiri sebenarnya adalah untuk memfleksibelkan otot-otot, khususnya: otot paha, betis, dan ankle agar tidak mudah terkena cidera.

Latihan aqua training ini juga dapat befungsi untuk memulihkan pemain dari cidera. Tetapi materi dan porsi latihan yang diberikan oleh pelatih berbeda dengan pemain yang tidak cidera.

Walaupun latihan aqua training terasa berat untuk pemain, namun sebenarnya aqua training merupakan latihan refreshing buat para pemain timnas. Mereka bisa rileks sejenak di dalam air, dari penatnya bermain basket .

Basketball Babes
Bikini Basketball